Cara Pemasangan Panel Lantai Bangkalan

Cara Pemasangan Panel Lantai Bangkalan

Jual Panel Lantai Bangkalan

Panel lantai merupakan precast beton ringan siap pasang untuk pekerjaan dak lantai beton bangunan bertingkat. Secara prinsip panel lantai bertumpu pada struktur beton kolom dan balok atau struktur baja WF kolom dan balok. Sepintas tampak bahwa proses pemasangan cukup sederhana untuk dilakukan, tetapi ada beberapa hal penting yang perlu diperhitungkan dalam menggunakan panel lantai ini. Berikut akan disajikan dalam artikel Cara Pemasangan Panel Lantai Bangkalan dalam situs ini.

Perencanaan Pemasangan Panel Lantai Bangkalan

Sebelum pada tahapan pemasangan hal pertama yang menjadi perhatian adalah perencanaan struktur kolom dan balok suatu bangunan. Perencanaan struktur sebaiknya sudah harus ada pada saat pembuatan denah lantai pertama. Perencanaan ruangan-ruangan diatas panel lantai AAC harus di kompromikan dengan ruangan-ruangan dalam lantai satu, begitu pula sebaliknya. Perencanaan ini merupakan suatu proses merajut denah agar terbentuk banyak kesegarisan antara sisi dinding ruangan-rungan di lantai 1 dan ruangan-rungan di lantai dua yang menggunakan panel lantai . Di karenakan bagian ujung panel lantai bertumpu pada ring balok yang terdapat struktur dinding di bawahnya.
Dalam hal ini sebaiknya Anda perlu tahu cara dan teknis serta aturan peletakan panel lantai pada tumupuan struktur balok kolom. Membagi persiapan struktur ring balok kolom sebagai dudukan panel lantai disesuaikan dengan beberapa ukuran panjang panel lantai, berikut ini:
Panjang: 147 cm,  197 cm,  222 cm,  247 cm,  272 cm,  297 cm
Tumpuan dasar panel lantai  dapat menggunakan konstruksi ring balok dengan beton bertulang cor konvensional, tentunya balok tumpuan sudah dilakukan leveling agar permukaannya sama rata. Selain ring balok beton, Anda juga dapat menggunakan struktur ring balok dari baja WF. Jika baja yang digunakan sudah tidak diragukan lagi mengenai kerataannya, karena baja memiliki ukuran yang sangat presisi.

Alat Pemasangan Panel Lantai 

Sebelum pelaksanaan pemasangan panel lantai ada baiknya kita mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan yaitu :
1. alat untuk menaikkan material panel lantai, dalam hal ini dapat berupa derek, takel, chainblock ataupun hoist semacam takel dengan penggerak dinamo listrik.
2. Scafolding
3. Balok Kayu
4. Gerinda
5. Mesin Las ( jika bertumpu pada struktur baja WF )
6. Meteran
7. Perlengkapan Keselamatan Kerja
Memasang panel lantai terbilang mudah. Namun, hal ini tetap harus dilakukan oleh ahli yang sudah berpengalaman. Jadi, pastikan paling tidak satu atau dua orang dari Anda sudah memiliki pengalaman dalam pemasangan panel lantai ini. Jangan lupa untuk memperhitungkan faktor keselamatan pekerja, meskipun material ini bobotnya lebih ringan dibanding bahan bangunan pracetak sejenis lainnya.

Tahapan cara pemasangan panel lantai

Dalam hal pemasangan panel lantai dibutuhkan tenaga ahli yang benar-benar telah berpengalaman dibidang pemasangan panel lantai. Berikut beberapa tahapan penting dalam hal pemasangan panel lantai.

1.  Leveling balok kolom

Permukaan ring balok harus sudah dilakukan leveling dengn tujuan membuat ring balok kolom menjadi rata dan halus, ini dimaksudkan untuk membuat landasan yang benar-benar rata sehingga hasil pemasangan menjadi rapi.  Langkah pertama ini mohon diperhatikan! Balok kolom yang benar adalah permukaan balok yang bersebrangan tersebut harus betul-betul rata. Mengingat ukuran dan desain panel lantai yang presisi dan akurat kerataan balok tersebut sangat diperlukan , agar panel lantai dapat bertumpu dengan baik, tidak goyang atau ngambang sebagainya.

2.  Pengukuran ring balok kolom


Hal penting dalam tahapan pengukuran adalah lebar minimal permukaan balok ring sebagai tumpuan panel lantai yaitu minimal 20 cm untuk balok ring pertemuan dua panel. Untuk ring balok pinggir cukup 10 cm saja. Mengapa harus 20 cm ?  Pada ring balok yang akan dipasangi dua pertemuan panel lantai biasanya berada di tengah bukan yang dipinggir, berarti lebar tumpuan akan dibagi dua dan diantara pertemuan 2 sisi panel lantai diperlukan spasi atau jarak sebesar 3 cm untuk pembesian dan grouting. Jadi 20 cm - 3 cm = 17 cm. 17 cm ini dibagi 2 menjadi 8,5 cm. Nah spasi 8,5 cm inilah merupakan kekuatan panel lantai bertumpu pada balok. Jika kurang dari itu maka akan menjadi riskan untuk kekuatan pijakan panel pada ring balok kolom. Pengukuran selanjut yang perlu diperhatikan adalah mengukuran jarak antar balok yang akan dipasangi panel lantai. Patokan pengukuran sebaiknya dari as ke as bentang jarak antar balok. Ukur bentangan kolom tersebut agar dapat memastikan bahwa panel lantai dapat bertumpu sesuai dengan ukuran panel lantai yang tersedia. Minimal 8,5 cm over hang masing-masing bagian ujung panel lantai tersebut bertumpu pada balok kolom.

3. Pengangkatan panel lantai

Panel lantai sebagai beton ringan pracetak dengan teknologi aerasi Jerman, meskipun memiliki bobot yang lebih ringan dari jenis beton lainnya, namun pengangkatan atau proses lifting setiap lembaran panel hanya dapat dilakukan dengan bantuan derek atau takel atau hoist. Panel lantai diikat lalu dikait, selanjutnya diangkat dan dimasukkan ke dalam tempat. Dalam proses pemasangan ini membutuhkan tim 3-4 orang. Saat memasang pastikan untuk mengamati bahwa setiap panel berbaring dengan sempurna, semua elemen memiliki berdekatan maksimal satu sama lain.
Pengangkatan panel lantai menggunakan alat bantu, Takel atau Chainblock dengan kapasitas alat minimal 300 kg. Selanjutnya letakan panel lantai pada permukaan balok satu persatu menjadi baris sejajar sampai pemasangan panel lantai selesai.

Catatan Penting : dalam setiap proses konstruksi bisa saja terjadi situasi force majeure, oleh karena itu pada tahap proses pengangkatan dan pemasangan panel lantai ini harus betul-betul diperhatikan mengenai tingkat keselamatan pekerja.

4. Cara memasang atau meletakan posisi panel lantai yang terakhir

Letakan panel lantai yang terakhir di atas potongan balok kayu/blok untuk memudahkan menyingkirkan “lifting gear” hal ini dilakukan jika peletakan panel lantai yang terakhir sulit. Angkat dari bawah dan singkirkan balok kayu.
Pembesian dan Grouting/nat panel lantai atau, proses sementasi pada setiap celah sambungan panel lantai menggunakan, mortar atau bahan khusus yang disediakan dari produsen panel lantai tersebut.
Demikian penjelasan sedehana pemasangan panel lantai, jika anda masih bingung dan belum memahami teknik pemasangan panel lantai anda bis menghubungi PT. Tiga Mitra Surabaya. Tim teknik kami akan memberikan penjelasan atau konsultasi lebih detail terkait cara pemasangan panel lantai. Jika anda ingin tidak repot atau pusing mempelajari perhitungan dan pemasangan panel lantai, anda dapat memanfaat paket harga panel lantai terpasang. Serahkan pada tim aplikator kami untuk pemasangannya, anda hanya tinggal terima beres.

Informasi Harga dan Pemesanan Jual Panel Lantai Bangkalan

Informasi terkait Cara Pemasangan Panel Lantai Bangkalan, harga maupun pemesanannya anda dapat menghubungi PT. Tiga Mitra Surabaya. Kami adalah distributor bata ringansemen mortar, panel lantai untuk area Jawa Timur termasuk  di seluruh wilayah Kota Bangkalan  meliputi di ArosbayaBlegaBurnehGalisGegerKamalKlampis, Kokop, Konang, Kwanyar, Tanah Merah, Socah, Labang, Modung, Sepulu, Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan. Kami menyediakan panel lantai CiticonGrand Elephant dan Falcon berikut dengan  Traga termasuk pemasangannya. Manfaatkan paket terpasang panel lantai dimana harga paket sudah termasuk material panel lantai, pembesian, grouting, jasa pemasangan, survey dan konsultasi. Jadi anda nggak perlu repot lagi dan kuatir soal pemasangan panel lantai. Segera hubungi Customer Service kami :

PT. Tiga Mitra Surabaya


PT. Tiga Mitra Surabaya (Pusat)
Jl. Raya Klakahrejo, ruko TCBD-TR. 1/11 Kandangan - Benowo - Surabaya 60198
Telp. (031) 51160405, Hp. 081231313222, 085100398222, 085331398222, 087852574222, 085733098111, 085778298222

Komentar

Postingan Populer